Kreatif dan Inovatif Bersama CREATONME, ECOFUN Indonesia Melalui Game Based Learning
Anak muda merupakan generasi penerus bangsa yang akan menentukan masa depan
bangsa dan negara kita. Tetapi banyak sekali anak muda saat ini yang ketakutan
akan masa depannya terutama dalam hal ekonomi, dimana mereka takut akan masa
depanya apakah akan mendapatkan pekerjaan yang layak seperti yang dikatakan
Global Youth Wellbeing Index “Young People Worldwide fear a lack of economic
opportunities”. Sehingga hal ini perlu di perhatikan oleh para masyarakat,
pengamat, pengajar anak untuk membuat kepercayaan diri anak muda ini meningkat,
membuat agar anak muda memudahkan dalam pemahaman pembelajarannya. Banyak
sekali skills yang dibutuhkan dimasa depan yang nantinya perlu anak muda miliki
tetapi ternyata apa yang sedang dialami dalam pembelajaran sangatlah bertolak
belakang dengan skills yang dibutuhkan dimasa depan, dengan permasalahan ada saat ini yang kompleks juga apakah cara pembelajaran dan pemberian pemahaman sudahlah benar
atau belum?
Sehingga ECOFUN Indonesia mencetuskan untuk memenuhi skills ini
melalui game based learning melalui
kegiatan CREATONME anak muda bisa belajar secara langsung bagaimana fun nya
untuk mendapatkan pembelejaran yang bisa kita dapati seperti
disekolah tetapi melalui hal yang kreatif, inovatif, dan asik melalui game based learning ini sehingga dengan game based learning ini dapat terciptanya
pemahaman karakter anak muda dalam skills
colaboration, problem solving, social skills, leadership, critical thingking,
dan conflict resolution. ECOFUN indonesia merupakan bisnis sosial yang bergerak
dibidang sains komunikasi, pendidikan lingkungan dangame based learning dengan
bisnis yang dikembangkannya adalah produk edukasi berbasis board game dan
penyelenggara program edukasi atau training interaktif secara langsung dan CREATONME
merupakan salah satu program yang dilaksananakan dalam bentuk training
interaktif dalam kreatifitas edukasi melalui game based learning. Kegiatan ini memberikan
edukasi tentang gemifikasi dan game design dengan bermain board game serta
belajar merancang board game sehingga membuat anak muda menjadi kreatif dan
memiliki problem solving.
Empowering Youth Across ASEAN (EYAA) merupakan salah satu program dari ASEAN Foundation dan Maybank Foundation dimana para pemuda ASEAN dapat mengiplementasikan ide -ide mereka kepada dunia dengan project terjun secara langsung ke masyarakat dengan tujuan dapat menyebabkan perubahan yang berarti kepada masyarakat lokal ASEAN. Empowering Youth ini mengikuti Program CREATONME mewakilkan ASEAN Foundation dan Maybank Foundation. Empowering Youth ini mengikuti rangkaian acara dan juga belajar bagaimana merangkai board game prototype dengan peserta Indonesia lainnya, hal ini membuat pengalaman yang sangat baik buat teman-teman Empowering Youth dan harapannya hal ini dapat mempererat persaudaraan dengan ASEAN selanjutnya, dan menanti dengan project-project bersama lainnya.
CREATONME ini memiliki 8 materi dimana terdapat 2 sub tema yaitu knowledge dan skill game based learning. Untuk knowledge ini CREATONME mengambil topik tentang concuscioun, Green Living, creative thingking, impact enterpreneurship serta mental healt and empathy, sedangkan tema terkait skill ini tentang bagaimana cara membuat game design, game components, making game prototype dan how to be a game master. Dari hasil kegiatan Creatonme ini menghasilkan game prototype yang luar biasa, mengangkat berbagai macam tema, terdapat 4 game prototype yang dirancang oleh 4 grup. hasil dari board game ini adalah Worka, ijime, water trip dan nusantara culture.
Tema Worka ini merupakan game kompetitif yang dimana untuk pemain bisa berani mengambil strategi keputusan serta mengambil resiko dari setiap keputusan, game ini bisa dimainkan 2-4 orang yang dimana range umur 13 tahun keatas. Sedangkan tema Ijime ini tentang game bullying yang terinspirasi karena masih banyak sekali para anak muda tidak memahami pentingnya pembelajaran tentang bullying sehingga banyak sekali kasus bullying pada anak muda dimana-mana saat ini, padahal tindakan bullying ini dapat merusak mental orang yang dibully begitupun juga orang yang membully sehingga dapat berpengaruh terhadap masa depannya, misi dari pemainan ini dengan mengumpulkan kategori sesuai jenis bullying dengan meningkatkan happiness meter. Selanjutnya adalah tema water trip, melihat dari banyaknya masyarakat yang belum paham akan pentingnya air bersih seperti pada data WHO 785 jt orang tidak memiliki akses air bersih dan 485 rb kematian yang diakibatkan tidak didapatinya air bersih sehingga terciptanya game ini, Water trip memiliki komponen game Map, Kartu permainan, pion dan cubes untuk sasaran game ini adalah usia 14 tahun keatas. Sedangkan tema yang terakhir adalah Nusantara Hunt Culture ini bertujuan untuk memperkenalkan tentang beragamnya budaya Indonesia ke masyarakat dan juga kancah dunia. Dengan design game yang menarik bisa membuat para masyarakat awam yang tidak mengetahui budaya Indonesia dapat memahami dan tertarik akan budaya Indonesia. Range umur yang dapat dimainkan pada game ini oleh anak 10-16 tahun. contoh dari nusantara ini dimana menjelaskan apa aja budaya indonesia dan bagaimana sih kita bisa melestraikan budaya. Setelah sesi pembuatan board game ini banyak sekali output yang didapati oleh peserta dimana salah satunya adalah peningkatan kepercayaan diri.
Dalam pemerintahan hal ini didukung oleh kemenparekraf seperti yang
dikatakan oleh bapak Syaifullah dalam webinar ini Ekonomi kreatif adalah wujud
nilai tambah dari kekayaan intelektual yang bersumber dari kreativitas manusia
berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi. Terdapat 17 subsektor
ekonomi kreatif yang salah satunya adalah game. Hal ini dapat memberikan nlai
tambah pada sektor riil dan industrialisasi, daya saing produk kreatif dan
digital serta mewadahi dalam kesempatan kerja. Generasi saat ini sudah berubah menjadi industri 4.0
dimana inovasi inovasi yang terbentuk sudah berbasis digital seperti halnya
inovasi yang digunakan dalam industri 4.0 adalah internet of things, big data, artificial intelligence dan cloud computing. Sehingga program CREATONME dari
ECOFUN Indonesia ini sangat didukung oleh Kemenparekraf ini.
Yang Mee Eng merupakan Executive Director Asean Foundation. Asean
Foundation merupakan wadah para generasi muda ASEAN. Saat ini terdapat 10 ASEAN
yang tergabung dari ASEAN Foundation ini dengan range umur 15-34 tahun.
ASEAN Foundation memiliki 4 pilar yaitu diantaranya budaya, edukasi, komukasi
dan juga sosial. ASEAN Foundation dalam kerjasama dengan ECOFUN Indonesia ini
untuk memebangun generasi muda yang kreatif juga tidak hanya di Indonesia hal
ini bisa dikembangkan di ASEAN melalui ASEAN Foundation ini. Dari program-program
ASEAN Foundation juga ingin membangun masyarakat lebih tepatnya pemuda untuk
membangun kesadarannya bahwa dirinya merupakan ASEAN yang berpengaruh, pintar,
energetic dan semua sama dengan belahan dunia lainnya sehingga bisa bangga
menjadi seorang ASEAN karena masih banyak sekali mereka yang memiliki
optimistik karena hal dalam membandingkan orang-orang ASEAN karena memang kita
pun mengetahui bahwa orang orang ASEAN memiliki karakternya masing-masing
tetapi dengan beragamnya perbedaan karakteristik ini kita tetap bersatu.
Game tidak semata-mata hal yang negatif seperti apa yang sering kita
pandang. Tapi tenyata belajar anak bisa asik dan tidak membosankan bisa melalui
games, seperti yang dikatakan ibu Septi Co-Founder Board game land kita bisa
membuat pembelajaran dengan mudah, tidak harus sulit-sulit membuat game di alam
kita saja bisa kita rangkai sebagai board game untuk sistem pembelajaran ini
agar anak lebih fun dan memahaminya dengan jelas, surprisngly bahkan bahasan
complicated bisa kita buat fun dengan bord games ini. Saat ini pun banyak sekali wadah-wadah untuk
lebih mendalami game based learning ini karena sudah banyak komunitas yang
dibuat para pengamat board game. Kesimpulan dari apa yang telah saya dapati
dari webinar ini adalah dimana CREATONME ini banyak banget memberikan ilmu yang
membahas gimana caranya dengan games bisa kita manfaatkan lebih untuk hal yang
positif, dan bagaimana cara membuat games untuk sistem pembelajaran ataupun
ilmu-ilmu yang bisa kita serap lebih mudah. Dengan CREATONME kita bisa banyak
belajar untuk hal ini dan ternyata sudah banyak dukungan dan kerjasama yang dilakukan
ECOFUN Indonesa ini. seperti ASEAN FOUNDATION, Kemenparekraf, dan lainnya.
LET’S PLAY AND MAKE AN IMPACT.
0 komentar